Lelaki sepuh pemberi pelajaran

Pernah tidak tiba-tiba ternasehati atas suatu hal yang sesuai dengan kondisi kita pada saat itu? Saya pernah. Ini salah satunya. Waktu itu saya sedang duduk di warung pinggir jalan sambil membaca pesan singkat yang baru saja masuk ke ponsel saya. Lalu, saya saksikan seorang lelaki sepuh berjalan di sepanjang trotoar menjajakan meja dan bangku yang dibawanya. Beliau menyunggi barang yang terbuat dari kayu tersebut, walau sebenarnya terlihat tidak layak melakukannya. Bayangkan saja, sudah sangat sepuh ditambah perawakannya kecil, tangan dan kaki tremor, dan nafas terengah-engah terlihat sangat letih. Beliau berhenti sekitar dua setengah meter di depan saya berbataskan pintu kaca, lalu menurunkan meja dan bangku yang disungginya untuk duduk beristirahat sejenak. Beliau menyeka keringat, lalu melepas topi yang kemudian dikibaskan untuk menahan laju keluarnya keringat. Tremor pada tangan tampak sekali. Beberapa saat kemudian, beliau melanjutkan perjalanan lagi padahal terlihat masih sangat lelah. Tentu, untuk terus berikhtiar menjajakan dagangan; menjemput rezeki.

Fragmen ini membuatku ter-freeze beberapa saat. Sedikit lebay memang, tetapi hal ini untuk menggambarkan bahwa saya tertohok. Baru saja saya merisaukan soal rezeki. Lupa bahwa tugas saya hanya ikhtiar. Lelaki sepuh tadi menunjukkan pada saya suatu ikhtiar maksimal yang bisa beliau upayakan. Ikhtiar saya masih begitu kecil, belum ada apa-apanya. Dan rezeki sudah diatur oleh Yang Mahateliti. Mahaadil. Maha Berilmu.

Maka, rezeki itu suatu kepastian yang tak seharusnya dirisaukan. Tak hanya soal harta. Tak cuma perkara uang. Tak sekadar masalah dollar.

Jogja, 7 Februari 2016

image

gambar oleh @fnugrahendi

Leave a Reply

