Merindukan Hujan

Seringkali kita mengalami, suatu nikmat baru terasa kenikmatannya ketika nikmat tersebut dicabut dari diri kita. Misal kesehatan, harta, atau keluangan waktu. Termasuk juga nikmat hujan. Saat jarang hujan seperti saat ini, hampir semua orang merindukannya. Bagaimana tidak, tiada hujan menjadikan kekeringan, gagal panen, krisis air bersih, kebakaran hutan, krisis hijauan pakan ternak, dan lain-lain. Dampak lanjutannya jelas lebih luas lagi; habisnya modal para petani, kabut asap tebal di banyak wilayah, dan seterusnya.

Mari mengingat beberapa bulan lalu saat berlimpahnya hujan. Umpatan bahkan hujatan yang justru keluar dari lisan kita ketika hujan turun. Misal saat hendak bepergian tiba-tiba turun hujan. Minimal berucap, “Duh malah hujan!” atau banyak kalimat lain yang lebih keras lagi. Seringnya kita lupa saat berlimpah dan tiada kesabaran kala paceklik.

Hujan adalah rahmat dari Allah. Di dalamnya terdapat keberkahan. Kita diperintahkan untuk menghormati, tidak merendahkan, dan memanjatkan doa, “Allahumma shayyiban nafi’an” ketika turun hujan. Tetanaman pepohonan pepadangrumputan tumbuh subur nan asri berkat hujan yang Allah turunkan. Hujan-hujanan merupakan salah satu media Allah sembuhkan penyakit manusia. Anas bin Malik menuturkan bahwa Sang Baginda pernah menyingkap pakaian beliau agar terkena air hujan, saat ditanya mengapa, beliau bersabda bahwa ia (hujan tersebut) baru saja datang dari Allah ta’ala. Demikian yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.
Memang barangkali ada sebagian kita menganggap hujan sebagai sumber malapetaka. Iyakah? Atau manusianya yang telah berbuat kerusakan?

Seringnya kita lupa saat berlimpah dan tiada kesabaran kala paceklik.

Jogja, 24 September 2015

Advertisements

4 thoughts on “Merindukan Hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s