Setiap Hari Selalu Ada Mutiara

Jika mau sejenak berpikir, setiap hari di sekitar saya ada banyak pelajaran yang bisa dipetik untuk menasehati diri saya sendiri. Aktivitas setiap harinya, bersama teman, keluarga, maupun dosen. Saat di rumah, kampus, bahkan di jalan.

Sungguh banyak peristiwa yang dilalui tanpa makna karena rendahnya ilmu. Benar-benar bermacam banyaknya kejadian terlewat begitu saja karena kurangnya pemahaman. Maka berbagai peristiwa yang terjadi setiap harinya perlu direnungi agar bertambah ilmu dan pemahaman. Meski yang dijumpai seakan tahi dan darah, mari mencoba mengambil susunya; ada di antara keduanya (tahi dan darah).

Pelajaran ternyata memerlukan perekaman agar tidak mudah terlupa. Pelajaran perlu diikat layaknya binatang buruan. Diikat dengan menuliskannya. Seringkali pelajaran hanya berpengaruh sesaat, setelah itu terlewat begitu saja. Meskipun banyak peristiwa hebat selalu terulang, seakan tak ada makna. Maka perlu ditulis. Selain menghasilkan tulisan yang nantinya bisa dibaca ulang, saat menuliskannya bisa menajamkan ingatan atas pelajaran yang didapat.

Diantara peristiwa hebat yang selalu terulang dan tersaji di hadapan saya adalah pagi-pagi menjumpai bapak-bapak tua yang masih bersemangat menjaga kesehatan dengan berlari keliling lapangan. Sore-sore berpapasan dengan adik-adik yang berjalan kaki dengan riang gembira menuju suatu masjid untuk menuntut ilmu yang biasa disebut TPA. Atau simbah-simbah yang meski kepayahan dalam berjalan (degling) dan badan tak lagi bisa tegap, bersemangat menuju sumber suara kala adzan berkumandang.

Selalu ada mutiara dalam setiap peristiwa, tinggal mau berpikir dan diambil pelajarannya atau tidak.

Yogyakarta, 22 Februari 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s