Karna Kita Tak Tahu Kapan Berakhir

Masa muda, penuh dengan gejolak. Masa muda adalah masa yang seakan bebas, seolah boleh hura hura, menerjang apapun yg menghalangi, serta seakan jauh dari kematian. Padahal, siapa yg tau perihal kematian? Tak ada satupun manusia yg tau. Hari apa, bulan apa, taun berapa, di mana, dengan cara apa, tak akan ada satupun yg tau kecuali Allah ta’ala.

Karena kematian tergantung pada akhirnya. Kita coba sedikit berandai andai. Seandainya tau kapan diri kita mati, maka kita beramal kebaikan dan bertaubat sesaat sebelum kita mati saja cukup. Karna kematian tergantung pada akhirnya. Kalau kita tahu kapan mati, sekarang bertindak sesukanya saja, melaksanakan perintah Allah baru saat menjelang kematian. Terus kapan kita mati? Entah, mungkin 10 tahun lagi, mungkin tahun depan, mungkin bulan depan, mungkin pekan depan, mungkin esok, mungkin beberapa jam lagi, mungkin beberapa menit lagi, mungkin beberapa detik lagi.

Akan tetapi, kita tidak tahu segalanya perihal kematian, termasuk kapannya. Benar-benar tidak tahu. Bahkan sekadar “hint” nya saja. Paling pol adalah sakit yang kemudian dokter memvonis bahwa tidak akan lama lagi mati. Itupun belum pasti benar.

Maka, karena tidak tahu kapan kita mati, mari gunakan setiap waktu yang ada untuk beramal shalih dan terus menuntut ilmu syar’i. Agar sewaktu waktu ajal menjemput, kita dalam keadaan yg istiqomah di jalan Allah ta’ala.

Semoga Allah ta’ala slalu beri keistiqomahan kepada kita, slalu beri hidayah dan taufiq, slalu ingatkan padaNya.
“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar benar ketaqwaan dan jangan sekali kali mati kecuali dalam keadaan Islam” QS. Ali ‘Imran 102.

Sebuah tulisan yang tersimpan.
Malang, 27 Juli 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s