Tambang

Tambang? Apa nih maksudnya? Tali tambang? Bukan. Tambang di sini tuh maksudnya kata dasar dari pertambangan atau bahasa Inggrisnya mining, gampangannya bisa diartikan suatu proses untuk mendapatkan material yang terkandung di dalam Bumi. (hasil searching 😀 )

Saya termasuk orang yang awam mengenai dunia pertambangan. Belum pernah secara spesifik mempelajari dengan keinginan sendiri maupun terpaksa. Pernahnya sih belajar tentang bumi dan bebatuan, itu karena ada bab yang mempelajari itu pas sekolah, selebihnya belum tau.

Lalu kenapa nulis tentang tambang nih? Jawaban kasarnya simpel, suka-suka gue dong! hehe. Pengen share aja pandanganku mengenai dunia tambang. Kalau pandanganku salah, siapa tau ada yang mau meluruskan dan ngasih ilmu buatku.

Oke kita mulai, menurutku dunia pertambangan itu dunia yang menyilaukan karena banyak yang ingin bekerja di sana. Entah karena apa, mungkin gajinya yang tinggi atau emang pada suka nyari suatu yang terpendam dalam tanah atau biar dapet pasangan yang macho/tomboy. Padahal kayaknya jam kerjanya beda sama yang lain. Saat yang lain liburan, kerja di tambang malah pas eksplorasi atau apa gitu. Entahlah, tetapi sepertinya menambang itu layaknya mencari harta karun. Mungkin itu asiknya.

Dunia pertambangan itu mencari sumber daya yang tak dapat diperbaharui. Ini yang kuingat di pelajaran SMP. Minyak, batu bara, timah, emas, dan sebagainya merupakan sumber daya yang tak dapat diperbaharui. Setiap dapat lokasi “perburuan” sumber daya tersebut, semua alat berat seakan transmigrasi ke tempat tersebut, yang sebelumnya sepi tak berpenghuni jadi ramai oleh pegawai tambang dan segala peralatannya. Begitu sumber dayanya habis, cari lokasi lain meninggalkan lokasi yang lama. Sepertinya begitu seterusnya, sampai semua lokasi habis. Nah, yang menjadi masalah adalah saat sumber daya habis, pihak yang telah menambang tersebut meninggalkan begitu saja tanpa ada semacam pengolahan lahan agar lebih ramah lingkungan. Mungkin ada pihak atau perusahaan yang bertanggungjawab, tetapi yang tidak bertanggungjawab sepertinya lebih banyak.

Terakhir, yang saya tau tentang pertambangan (sempet memikirkannya juga) yaitu bisa melihat tanda-tanda kebesaran Allah Swt. Betapa tidak, setiap hari turun ke lapangan untuk eksplorasi melihat betapa indah dan kayanya bumi ini. Semua yang ada di dalam bumi disiapkan semuanya oleh Allah Swt. untuk kebutuhan manusia. Hanya kadang kita yang berlebihan, sehingga berbuat kerusakan dan malah menjadikan celaka bagi manusia itu sendiri.

Demikian secuil yang saya tau tentang dunia tambang. Maafkan bila ada yang tidak berkenan.

truk tambang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s