Bagaimana dalam Mencari Ilmu?

Benarkah kita termasuk pencari ilmu sejati? Sudah sejauh mana usaha kita dalam meraihnya?

Bro sekalian, berdasarkan pengalaman nih, dalam mencari ilmu itu ternyata ada hal-hal yang perlu dilakukan sebelumnya. Apa saja itu? Nah, mari simak.

Pertama, luruskan niat. Sudah pernah dengar hadits Rasulullah Saw “Amal seseorang tergantung niatnya, dan seterusnya…” ? Maka niat yang dibenarkan adalah kita tujukan hanya pada Allah ta’ala semata. InsyaAllah dengan begitu, kita dapat ridha Allah dan manfaat yang lain akan berdatangan.

Kedua, jernihkan pikiran kita. Maksudnya, sediakan ruang dalam otak kita, pikiran kita, hati kita sebagai tempat ilmu yang sedang kita tuntut. Dengan pikiran yang penuh, ilmu takkan bisa masuk. Dengan kesombongan (merasa sudah bisa), ilmu tidak mungkin masuk. Juga yang lebih penting, jika kita punya prasangka terhadap ilmu tersebut sebelum mengikuti pembelajaran, maka yang kita dapatkan setelah pembelajaran hanyalah seperti apa yang kita sangka.

Mungkin itu saja menurut saya, selebihnya adalah teknis, sesuai metode masing-masing.

Oya, ada catatannya nih bro. Ilmu di sini maksudnya ilmu yang mengantarkan kita menuju keridhaan Allah. Tidak menyimpang dari aqidah Islam, tidak menyimpang dari Al-Quran, tidak menyelisihi Rasulullah Saw. Baik ilmu dunia, maupun ilmu akhirat. Sekali lagi, ilmu menuju Allah. Bukan ilmu nyeleneh, semisal ilmu santet, nyopet, dsb.

Allahu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s