Cintai Sewajarnya

Orang yang sedang saling kasmaran itu sering kali (bahkan selalu) berlebihan dalam melihat kelebihan pasangannya, mengagungkan sikapnya, hatinya, atau apanyalah. Sedang terlupa bahwa pasangannya mempunyai kekurangan-kekurangan yang mungkin jika dirunut akan terdapat lebih banyak daripada kelebihannya.

Tibalah waktunya cekcok, karena beda pendapat atau cemburu atau hal lain apalah namanya. Berubahlah semua kelebihan-kelebihan yang dulunya menakjubkan menjadi tertutupi terbelenggu terkunci rapat, hadirlah semua kekurangan-kekurangan yang dulu tak pernah tampak sekecil apapun. Kasmaran berubah menjadi kebencian, seseorang terspesial menjadi seseorang terlaknat, lebih dari sahabat menjadi musuh besar yang harus dimusnahkan.

Dahulu selalu diingat dalam balutan kata-kata mesra, sekarang diingat untuk menjatuhkannya, bahkan harus dipublikasikan di semua sosial media yang dipunyai untuk menebar virus kebencian tersebut, diumbarlah semua kekurangan-kekurangan yang dulu tak pernah muncul.

 

Begitukah kebanyakan pemuda sekarang?

Sebenarnya, inti yang pengen kusampaikan adalah cintailah orang sewajarnya, terlalu benci terhadap seseorang itu tidak baik karena mungkin saja suatu saat nanti akan cinta, terlalu cinta terhadap seseorang juga tidak baik karena mungkin saja suatu saat nanti akan menjadi benci. Ingat bro, ada yang berkuasa atas diri kita, Sang Pembolak-balik Hati, Allah ta’ala. Sungguh, kita hanya mampu berusaha.

Tambahan dikit nih, jangan membuat ikatan abal-abal sebelum mengikrarkan ikatan suci yang sah. Jika memang belum siap mengepakkan sayap menjadi kupu-kupu, menjadi “kepompong”-lah dulu untuk ber”puasa”. Tenanglah, janji besar itu pasti terjadi, bahwa yang baik pasti mendapat pasangan yang baik pula, begitu pula yang buruk pasti mendapat pasangan yang buruk pula. Namun, apakah yang galau akan mendapat pasangan yang galau pula?

Maka, mari kita pantaskan diri!

 

Gambar diambil dari sini

Advertisements

2 thoughts on “Cintai Sewajarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s