Susu

Susu yang dibicarakan dalam tulisan ini adalah susu yang dihasilkan dari ternak yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Oke, setuju? Lanjut!

Susu itu produk yang sangat istimewa yang dihasilkan oleh ternak, seperti sapi, kambing, dan unta. Apa istimewanya? Mau tau? Yok perhatikan firman Allah ta’ala dalam Al-Quran berikut ini.

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) SUSU yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya (QS. An-Nahl : 66).

Menurut pemahaman bebasku dalam memahami ayat ini, sekali lagi, menurut pemahamanku. Begini bro. Terdapat pelajaran bagi kita pada binatang ternak maksudnya ada banyak manfaat yang dapat kita gunakan dalam suatu ternak. Nggak percaya? Lalu restoran sampai warung makan kecil di pinggir jalan pada ngapain kalo nggak menawarkan produk-produk olahan hasil ternak? Tak sebutin nih kalo masih belum tau, mulai dari pizza hut, waroeng steak and shake, kalimilk, hingga penjual telur goreng yang biasa mangkal di sekolah-sekolah. Sadarkah teman-teman kalo itu produk binatang ternak?

Kemudian dalam ayat tersebut tersurat bahwa di dalam perut binatang ternak terdapat suatu yang dapat diminum oleh manusia, yaitu susu, yang mudah ditelan bagi peminumnya. Percaya nggak nih? Nggak percaya? Makanya kuliah di Fakultas Peternakan bro. hehe.. Kalo dalam kuliah, susu mudah ditelan bukan cuma ditelan dari mulut masuk ke perut, tetapi juga berkaitan dengan tingginya tingkat kecernaan (mudah dicerna menjadi nutrien).

Nah, susu inilah yang akan kubahas di sini. Berikut ini berita tentang susu di Indonesia.

Menurut Menteri Pertanian, Suswono, yang dikutip oleh republika.co.id (ini kabar selengkapnya), mengatakan tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia sampai saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Dalam livestockreview.com (ini kabar selengkapnya), disebutkan bahwa produksi susu dalam negeri saat ini baru mencapai 25% dari kebutuhan susu. 75% masih impor. Kata dosenku, Dr. Tridjoko, impor 75% ini dari Selandia Baru, Australia, dan AS.

Kenapa susu begitu penting ketersediaannya? Jelas, karena susu merupakan kontributor terbaik bagi pemenuhan gizi bangsa. Terbaik karena cocok untuk segala usia dan mempunyai kandungan gizi yang lengkap, terutama gizi untuk pertumbuhan, seperti kalsium.

Sudah yakin?

Biar lebih mantap, yok kita baca lagi firman Allah Swt di Surah yang berbeda.

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air SUSU yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian darinya kamu makan (QS. Al-Mu’minun : 21).

Terbuktilah sudah bahwa susu merupakan produk ternak yang Allah anugerahkan untuk dimanfaatkan sepenuhnya oleh manusia.

Nah. Sudahkah minum susu hari ini?

Atau, kapan Anda terakhir minum susu? 😀

 

sumber gambar: http://agro.kemenperin.go.id/site/detail_berita/agro/104.aspx

Advertisements

4 thoughts on “Susu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s