Tipografi Arab | Rajab – Sya’ban – Ramadhan

typography Rajab-Sya'ban-Ramadhan

“Allahumma baariklanaa fi rajaba wa sya’bana wa balighna ramadhan”

Adalah doa Rasulullah ketika memasuki bulan Rajab yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dan Baihaqi, yang terjemahnya, “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.”

Sekarang sudah akhir bulan Rajab, sebentar lagi bulan Sya’ban, kemudian Ramadhan. Mari kita siapkan bekal agar maksimal beribadah di bulan Ramadhan mulai dari sekarang (Rajab), seperti memperbanyak puasa sunnah agar terbiasa di Ramadhan. Sepertinya saat ini kita kalah dengan orang yang bekerja di dunia hiburan. Mereka sudah menyiapkan berbagai hal yang akan dipampang saat Ramadhan sejak jauh hari, sebagai contoh iklan produk sirup dan sebagainya, makanan buka dan sahur yang pasti ludes terjual -dengan meningkatnya jiwa konsumtif- di bulan Ramadhan, bahkan sinetron yang memanjakan umat sampai rela meninggalkan ibadah demi ‘khusyuk’nya nonton tiap episodnya. Sedangkan kita, apakah sudah menyiapkan ramadhan di masjid? Sudahkah membentuk panitia?

Tentang gambar di atas:

Original karya saya sendiri. Sedang tertarik dengan tata aksara, khususnya aksara Arab gundul. Orang menamainya Arabic Typography. Aksaranya begitu mengesankan, ada yang bersambung dan ada yang tidak, dilihat begitu nyaman. Setidaknya itu menurutku. đŸ˜‰

Masih dalam tahap belajar Typography, harap maklum jika masih kurang pas mengomposisikan setiap rangkaian kata dan spasinya atau pewarnaannya. Masukan dari teman-teman sangat diharapkan.

Advertisements

3 thoughts on “Tipografi Arab | Rajab – Sya’ban – Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s